Mengenal dan Memahami Pemasaran Melalui Email

Mengenal dan Memahami Pemasaran Melalui Email

Apakah Anda mengerti pemasaran email? Jika tidak, Anda tidak perlu khawatir dulu. Ini karena konsep pemasaran email relatif baru dan banyak pemilik bisnis belum mulai memanfaatkan alat pemasaran yang luar biasa ini. Namun, ada beberapa pemilik bisnis yang cerdas yang sudah menggunakan teknik pemasaran email untuk membuat bisnis tambahan untuk diri mereka sendiri dan untuk mendapatkan keuntungan dari persaingan. Meskipun tidak memiliki banyak pengetahuan tentang pemasaran email bukan ancaman langsung bagi bisnis Anda, Anda harus mulai belajar tentang konsep ini untuk memastikan tidak menjadi masalah bagi Anda nanti karena semakin banyak pemilik bisnis di ceruk Anda mulai mengambil keuntungan dari konsep pemasaran email. Artikel ini akan memberikan informasi tentang pemasaran email yang harus bermanfaat bagi pemilik bisnis yang tidak memiliki pengalaman dengan materi pelajaran.

Pemilik bisnis harus terlebih dahulu memahami opsi yang tersedia untuk mereka dalam hal pemasaran email. Opsi yang paling umum termasuk mengirim email massal dengan materi promosi, menerbitkan dan mendistribusikan e-buletin dan menawarkan kursus korespondensi melalui email. Keuntungan dari semua strategi pemasaran ini adalah kemampuan untuk menjangkau audiens di seluruh dunia. Tidak seperti metode pemasaran tradisional seperti iklan televisi dan radio atau iklan media cetak yang hanya menjangkau audiens di area terbatas, siapa pun yang memiliki akses ke Internet dapat memperoleh manfaat dari teknik pemasaran email Anda.

Email massal adalah bentuk pemasaran email yang paling populer. Ini termasuk email yang dikirim ke ratusan, ribuan atau bahkan jutaan penerima sekaligus. Masalah dengan jenis pemasaran ini adalah potensi email Anda dilihat sebagai spam. Ini kemungkinan terjadi jika Anda mengirim email kepada penerima yang tidak tertarik pada produk atau layanan Anda dan belum menyatakan minat untuk menerima email dari Anda.

E-buletin juga menjadi semakin populer sebagai bentuk pemasaran email. E-buletin dapat menjadi sederhana atau serumit yang Anda inginkan dan dapat menyertakan teks, grafik, iklan, tautan, atau kombinasi elemen-elemen ini. Salah satu keputusan pertama yang harus Anda buat adalah apakah Anda ingin membuat e-newsletter Anda hanya berupa teks atau menyertakan gambar dalam e-newsletter. Jika anggaran Anda terbatas, mungkin ada baiknya hanya menyertakan teks untuk menghindari keharusan merekrut seorang seniman grafis. Anda mungkin dapat menggabungkan gambar sendiri tetapi mereka tidak akan terlihat seprofesional gambar yang disediakan oleh seorang profesional. Demikian juga Anda tentu dapat menulis salinan Anda sendiri untuk buletin elektronik Anda, tetapi Anda mungkin akan menciptakan kesan yang lebih baik jika Anda menyewa seorang penulis profesional yang memenuhi syarat untuk membuat konten untuk Anda sebagai gantinya.

Menyewa seorang seniman grafis profesional dan seorang penulis profesional mungkin tampak seperti biaya tambahan tetapi sebenarnya cukup penting. Buletin elektronik Anda mungkin menjadi kesan pertama yang didapat banyak pelanggan potensial dari Anda dan pekerjaan Anda, jadi penting untuk memastikan semuanya berkualitas tinggi.

Kursus korespondensi yang ditawarkan melalui email adalah strategi pemasaran email akhir yang akan kita diskusikan. Kursus-kursus ini dapat ditawarkan dengan biaya dan berubah menjadi sumber penghasilan sendiri atau dapat disediakan secara gratis. Teori di balik menawarkan kursus-kursus ini secara gratis adalah mereka sering mengandung iklan halus yang mendorong pengunjung untuk berinvestasi dalam produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Apakah Anda membebankan biaya untuk kursus korespondensi email Anda atau menawarkannya secara gratis, harus diperhatikan untuk memastikan informasi yang terkandung dalam kursus ini sepenuhnya akurat. Ini sangat penting karena calon pelanggan yang menerima kursus email ini akan menilai bisnis Anda berdasarkan kualitas dan akurasi kursus email ini. Jika mereka dipenuhi dengan kesalahan, calon pelanggan mungkin meragukan kualitas pekerjaan Anda dan mencari produk dan layanan yang ditawarkan oleh orang lain termasuk pesaing langsung Anda.