Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Bersepeda Saat Pandemi

Tips Aman Bersepeda Saat Pandemi

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang menyenangkan ketika dilakukan. Selain itu, dengan bersepeda, kita juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita agar imunitas tubuh terjaga. Apalagi di masa pandemi virus corona seperti ini, menjaga imun tubuh sangat penting untuk dilakukan. Beberapa waktu in, banyak orang yang senang untuk bersepeda. Dari yang muda sampai yang tua ramai terlihat di jalanan meskipun sedang di masa pandemi.

Hal ini juga menjadi polemik yang timbul di masyarakat. Sebenarnya, apakah bersepeda di masa pandemi seperti ini aman untuk dilakukan? Selain itu, banyak juga para pengguna kendaraan lain yang mengeluh akan adanya pengguna sepeda yang tidak menaati lalu lintas. Pasalnya, banyak sekali pesepeda yang turun dijalan yang membahayakan pengendara lain.

Bersepeda di masa pandemi, apakah aman?

Meskipun kita masih belum selesai menghadapi persoalan virus corona yang tak kunjung selesai, namun masih banyak masyarakat yang tidak mentaati anjuran yang sudah ditetapkan. Akhir-akhir ini terlihat banyaknya aktivitas orang yang bersepeda di jalanan. Bahkan, fenomena ini hampir terjadi di setiap kota di Indonesia.

Hal ini menimbulkan polemik di masyarakat yang mempersoalkan bersepeda di kala pandemi. Apakah bersepeda saat pandemic seperti ini aman? Jawabanya tentu saja aman. Asalkan, anda tetap mematuhi protocol kesehatan yang sudah ditetapkan. Bersepeda pun juga tidak dilarang oleh pemerintah disaat pandemi seperti ini. Jadi, bagi anda yang ingin bersepeda, pastikan anda sudah mematuhi protokol kesehatan, ya. Berikut merupakn tips aman bersepeda saat pandemi.

Memakai Masker

Memakai masker memang dapat mengganggu anda ketika bernafas. Meskipun begitu, kita tetap dianjurkan untuk memakai masker saat bersepeda. Hal yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan masker untuk bersepeda adalah tidak yang memiliki lapisan tebal. Pasalnya, masker dengan lapisan tebal tidak dianjurkan untuk digunakan saat olahraga intensitas berat.

Jangan Terlalu Lama Bersepeda

Bersepeda dengan intensitas yang berat tentu saja akan mengganggu pernafasan anda. Terlebih, anda harus tetap menggunakan masker. Disarankan jika anda ingin bersepeda, bersepedalah untuk mencari kesenangan saja. Jangan terlalu lama ketika bersepeda. Jika anda masih bisa bicara dengan baik saat bersepeda, itu tandanya anda bersepeda masih dengan intensitas ringan.

Menggunakan Helm dan Pakaian Panjang

Keselamatan merupakan salah satu hal terpenting. Bersepeda pun juga masih memiliki resiko terjatuh. Maka dari itu, kenakanlah helm dan pakaian panjang supaya melindungi kepala dan tubuh anda jika terjatuh di jalan. Anda bisa menggunakan helm khusus bersepeda yang kini sudah sangat mudah untuk dicari.

Tetap Jaga Jarak

Menjaga jarak juga perlu anda terapkan ketika sedang bersepeda. Menjaga jarak bisa anda lakukan tidak hanya dengan rombongan pesepeda yang lain. Namun, anda juga tetap menjaga jarak dengan pengendara motor atau mobil yang berpapasan dengan anda. Dengan begitu, anda bisa bersepeda dengan aman, nyaman, dan resiko terkena virus corona pun akan berkurang saat di jalan.

Hindari Bersepeda Berkelompok

Terakhir sebaiknya anda hindari bersepeda secara berkelompok, walaupun anda berniat untuk mencari sehat atau berolahraga, namun jika dilakukan secara berkelompok di tengah pandemi seperti ini tentu saja justru malah berbahaya. Sebaiknya anda harus tetap menjalankan social distancing yang sudah disarankan oleh pemerintah agar kalian tetap aman bersepeda.

Itulah beberapa tips aman bersepeda ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Semoga bermanfaat.